Bingung Hitung Modal Awal Memulai Bisnis Kost? Baca di sini

0
241

Inilah Rincian Modal Awal yang Wajib Anda Ketahui Sebelum Memulai Bisnis Kost

Pertumbuhan kota sangat tecermin dari jumlah pemukiman penduduk yang semakin berkembang pesat. Hal ini tentu berdampak pada harga tanah dan rumah. Maka dari itu, menyewa kamar kost menjadi pilihan masyarakat, terutama di kota-kota besar. Kebutuhan inilah yang harus dimanfaatkan jika Anda ingin memiliki bisnis kost-kostan. Namun, memulai bisnis ini tidak bisa asal-asalan. Anda harus cermat dalam menghitung modal awal yang harus Anda keluarkan. Nah, artikel ini bisa membantu Anda melakukannya.

  1. Pertimbangkan harga tanah

Harga tanah adalah elemen terpenting dalam perhitungan modal awal bisnis kost dan yang paling memakan banyak biaya. Apalagi jika lokasi tanah tersebut berada di daerah yang strategis, seperti dekat kampus dan pusat perbelanjaan. Tips untuk mendapatkan harga tanah yang murah adalah dengan sistem tawar-menawar. Anda juga harus sudah menyiapkan uang untuk membeli tanah dari jauh-jauh hari. Jika sudah menemukan tempat yang strategis dengan harga yang menarik, jangan tunggu lama-lama karena harga tanah biasanya terus meningkat.

  1. Pertimbangkan desain rumah kost-kostan

Sketsa atau desain rumah kost-kostan Anda membutuhkan pemikiran yang matang dan tidak bisa dibuat seenaknya. Ada banyak hal yang harus masuk ke dalam konsiderasi Anda. Yang terpenting adalah kenyamanan dan keamanan para penyewa kamar kost.

Desain rumah kost yang tradisional mungkin akan menghemat biaya pembangunan, tetapi desain minimalis yang modern juga tidak boleh luput dari pertimbangan Anda. Sekarang, banyak orang yang tertarik dengan konsep rumah minimalis, bisnis kost Anda pun bisa terlihat lebih mencolok jika mengikuti desain arsitektur yang lebih modern.

  1. Pertimbangkan fasilitas yang akan tersedia di setiap kamar

Selain tanah dan desain rumah, fasilitas setiap kamar juga harus Anda pertimbangkan. Minimal, setiap kamar harus difasilitasi dengan tempat tidur, lemari, meja, dan lampu. Jika Anda ingin menambah beberapa fasilitas lain seperti kamar mandi dalam, AC, water heater, dan Wi-Fi, otomatis modal awal yang Anda butuhkan pun akan bertambah besar.

Tipsnya adalah sesuaikan fasilitas kamar dengan target pasar bisnis kost Anda. Jika target pasar Anda adalah mahasiswa, biasanya Anda hanya perlu menambahkan Wi-Fi. Namun, jika target pasar Anda adalah eksekutif muda, biasanya mereka membutuhkan kamar dengan fasilitas yang lebih lengkap.

  1. Buat rincian modal bisnis kost

Setelah mempertimbangkan ketiga hal di atas, Anda bisa mulai membuat rincian modal atau investasi yang Anda butuhkan untuk memulai bisnis kost. Biaya modal awal ini juga harus meliputi biaya operasional minimal selama satu bulan. Berikut adalah contoh rinciannya. Perlu diingat bahwa contoh ini hanyalah gambaran umum mengenai besarnya modal awal bisnis kost.

Setelah menimbang-nimbang faktor-faktor di atas dan melihat contoh rincian modal awal bisnis kost, tentu kini Anda memiliki gambaran mengenai biaya yang harus Anda kumpulkan jika ingin memulai bisnis ini. Merinci kebutuhan modal awal memang bukan hal yang sepele, jadi alangkah baiknya Anda menerima saran dari para investor berpengalaman.

Jika Anda ingin mengetahui tentang seluk-beluk investasi properti kost, Anda bisa bergabung dengan KSI Community. Komunitas ini beranggotakan para investor bisnis kost berpengalaman yang siap berbagi ilmunya kepada Anda. Yuk, bergabung!