Pangsa Pasar Bisnis Kost Bukan Hanya Mahasiswa !

0
147

 

Pangsa Pasar Bisnis Kost: Bukan Sekadar untuk Mahasiswa

Tidak dapat dimungkiri bahwa usaha bisnis kost memiliki pangsa pasar terbesar yaitu mahasiswa. Mahasiswa banyak yang merantau untuk menuntut ilmu di tempat yang jauh. Mereka lalu membutuhkan kamar atau yang saat ini dikenal dengan sebutan indekost.

Namun dalam perkembangannya, pangsa pasar bisnis kost mengalami perluasan yang cukup signifikan. Jadi tidak hanya mahasiswa yang menjadi bidikan bisnis kost melainkan juga kalangan masyarakat lainnya. Nah, berikut ini adalah bagian dari pangsa pasar bisnis properti kost, yang perlu Anda pertimbangkan di dalam merencanakan sebuah bisnis kost.

  1. Karyawan dan Karyawati

Tidak sedikit karyawan dan karyawati yang berasal dari luar kota atau ditempatkan di lokasi yang jauh dari tempat tinggalnya. Mereka akhirnya harus mencari tempat tinggal yang dekat dengan kantornya. Selanjutnya para karyawan dan karyawati ini, biasanya akan memilih lokasi kost yang  tidak jauh dari lingkungan perkantoran. Bila lokasi kost Anda berada di pusat bisnis, merekalah pangsa pasar Anda yang dominan.

  1. Suami Istri yang Belum Memiliki Rumah

Harga rumah saat ini melambung tinggi dan sering tidak terbeli oleh pasangan baru menikah. Oleh karenanya, pangsa pasar lain yang bisa dibidik adalah pasangan suami istri baru yang belum memiliki rumah. Kalangan ini biasanya juga akan mencari kost sebagai tempat tinggal sementara. Apalagi bila mereka bekerja di luar kota dan jauh dari kota asal mereka.

  1. Pelajar

Cukup banyak pelajar yang menghuni kost  agar lebih dekat dengan sekolah favorit mereka. Saat ini cukup banyak pelajar yang berasal dari kampung, karena di tempat asalnya kualitas pendidikan dianggap kurang memadai. Oleh karenanya mereka ini juga masuk dalam pangsa pasar bisnis kost Anda, terutama yang berlokasi dekat dengan sekolah-sekolah favorit.

  1. Wirausaha

Di antara sekian banyak pebisnis yang memulai usahanya di pusat kota ataupun pusat keramaian, banyak di antara mereka yang tidak mampu membeli tempat tinggal di kawasan tersebut. Oleh karenanya demi menghemat biaya dibandingkan harus mengontrak rumah, para wirausahawan ini akhirnya memilih untuk tinggal di tempat kost.

  1. Pekerja Pabrik

Apabila lokasi kost Anda tidak jauh dari pabrik, pangsa pasar yang tepat adalah para pekerja pabrik. Biasanya banyak di antara pekerja pabrik tersebut belum memiliki rumah tinggal, sehingga memutuskan untuk mencari tempat tinggal yang dekat dengan pabrik tempat mereka bekerja. Dan bisnis properti kost yang berlokasi tidak jauh dari pabriklah yang bakal menuai keuntungan.

  1. Turis Backpacker

ini banyak turis backpacker yang lebih memilih untuk tinggal di tempat kost, yang menyediakan fasilitas yang tidak kalah dari hotel namun dengan harga yang lebih terjangkau. Apalagi bila di tempat kost Anda menyediakan fasilitas yang lengkap seperti laundry, wifi, dan air hangat serta keamanan terjaga. Tentu para turis ini bisa menjadi pangsa pasar bisnis kost Anda, terutama yang berlokasi dekat dengan pusat kota.

Nah, ternyata memang pangsa pasar dari bisnis properti kost sudah mengalami perkembangan yang cukup signifikan, bukan? Hal ini disebabkan kebutuhan mendesak berbagai kalangan selain mahasiswa tersebut. Tidak pelak lagi, Anda sebagai pemilik kost harus pandai-pandai membidik mereka menjadi pangsa pasar bisnis kost Anda yang prospektif.

Cara terbaiknya adalah Anda bisa  bergabung dengan komunitas pebisnis kost dengan mengikuti workshop bisnis kost, KSI (Kost Strategi Investing).  Komunitas ini berisikan investor properti kost yang bisa menjadi network Anda, sehingga Anda selalu update dengan perkembangan terkati bisnis kost terkini.