Cari Tahu Cara Membangun Bisnis Properti Tanpa Modal Besar

0
182

Hilang Pekerjaan? Ini Cara Membangun Bisnis Properti Tanpa Modal Besar

Diberhentikan dari pekerjaan adalah peristiwa yang sangat tidak diinginkan oleh siapa pun. Namun, jika hal itu terjadi, apa kira-kira reaksi Anda?

Daripada mengeluh, salah satu cara yang bisa dilakukan untuk bangkit kembali adalah mencoba berbisnis. Sebagai contoh, Anda bisa membangun bisnis properti tanpa modal yang besar. Bagaimana caranya? Berikut ulasannya.

  1. Kenali Potensi Diri

gunungrizki.com

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk membangun bisnis properti di tengah kesulitan ekonomi adalah mengenali potensi yang terdapat pada diri sendiri. Jangan sepelekan hal-hal yang bersifat sederhana, seperti kemampuan memasarkan sesuatu, kemampuan berkomunikasi dalam beberapa bahasa, keahlian bernegosiasi, keahlian memengaruhi orang, keahlian menata atau merenovasi rumah, dan sebagainya.

  1. Hitung Tabungan yang Dimiliki

i1.wp.com

Jika Anda rajin menyisihkan pendapatan selama bekerja, tentu ada dana yang bisa dipergunakan untuk keperluan darurat. Kalkulasikan berapa persen dari tabungan tersebut yang bisa dipakai sebagai modal bisnis. Meskipun jumlahnya kecil, dana ini pasti akan sangat bermanfaat.

Salah satunya, untukĀ membership KSI Community, sebuah komunitas tempat berkumpulnya para calon pebisnis maupun pebisnis kost. Di komunitas ini, Anda bisa bertukar pikiran dengan sesama pebisnis dan mendapatkan banyak informasi penting seputar bisnis properti. Dengan demikian, Anda pun akan lebih siap memulai bisnis properti sendiri.

  1. Catat Harta Tak Bergerak yang Dimiliki

Sering kali, harta tak bergerak dianggap tidak ada atau tidak bisa dimanfaatkan. Sebagai contoh, rumah adalah harta yang sebenarnya dapat digunakan untuk memulai bisnis properti.

Anda bisa menyewakan kamar yang tidak digunakan atau ruang kosong yang awalnya hanya berfungsi sebagai gudang. Dengan sedikit renovasi, kamar atau ruang tersebut bisa terlihat lebih bagus dan layak ditempati.

  1. Manfaatkan Kekuatan Jejaring

Memiliki koneksi dengan banyak orang sangat penting. Berbekal koneksi ini, Anda bisa memperoleh berbagai informasi dan peluang emas, termasuk ketika membangun sebuah bisnis properti. Sebagai contoh, jika membangun bisnis kost sederhana, Anda dapat menikmati jasa marketing secara gratis dengan memanfaatkan jejaring yang dimiliki.

  1. Jual Beli Properti untuk Memperoleh Modal Tambahan

Jual beli properti adalah salah satu cara yang paling praktis untuk menjalankan bisnis properti tanpa modal. Kuncinya, Anda harus memiliki keahlian bernegosiasi dan kemampuan untuk memilih properti yang potensial sehingga laku dengan harga yang lebih tinggi.

Sebagian keuntungan yang didapatkan dari jual beli properti ini dapat Anda manfaatkan untuk merenovasi rumah dan menambah kamar kost atau membeli lahan kosong dan mulai membangun properti baru.

Perlu diingat, sebagian besar pebisnis memulai usaha mereka dari nol. Ini berarti, Anda juga memiliki kesempatan yang sama untuk membangun bisnis properti meskipun tanpa modal yang besar. Selamat mencoba.