Dasar-Dasar Investasi Real Estate yang Menguntungkan

0
232

Tips Dasar untuk Investasi Real Estate yang Menguntungkan

Jika Anda baru memulai investasi real estate, Anda akan terkejut karena terdapat banyak hal yang perlu dipelajari. Investasi yang satu ini memang lebih rumit daripada investasi saham karena persyaratan seperti keuangan, hukum, dan perluasan usaha juga dilibatkan. Karena itu, Anda harus mengetahui cara-cara untuk menciptakan best real estate investment sebelum membeli properti investasi pertama Anda.

Alangkah baiknya Anda memperhatikan hal berikut ini sehingga Anda bisa mendapatkan keuntungan maksimal dari investasi real estate.  Anda dapat menerapkan berbagai tips dasar berikut.:

  1. Pemilihan Lokasi

Lokasi merupakan faktor yang sangat penting untuk mewujudkan best real estate investments. Jadi, sebelum Anda membayar uang muka yang besar, pastikan bahwa properti yang dibeli itu berada di lokasi yang baik karena  real estate yang dibeli akan menjelma property cash machine dalam jangka waktu tertentu.

Jangan sampai tergoda dengan tampilan luar real estate saja rmeskipun berada di lokasi yang tidak strategis. Karena itu, peganglah prinsip ‘Belilah rumah terburuk di jalan terbaik’. Kondisi rumah yang buruk bisa diperbaiki dan mendapatkan pendapatan yang lebih tinggi. Namun lokasi hunian tak mungkin bisa dipindah seenaknya. Maka berinvestasi dengan cara ini akan sangat meningkatkan capital gain dari real estate yang Anda beli dan Anda bisa menyulap properti Anda menjadi bangunan yang bermanfaat bisnis di kemudian hari.

  1. Waktu yang Tepat

Sangat penting untuk bisa membeli properti di saat yang tepat. Apalagi nilai properti akan semakin meningkat seiring berjalannya waktu. Lakukan analisis serta prediksi mengenai kurva permintaan dan penawaran pasar agar Anda bisa memutuskan kapan waktu yang tepat untuk membeli real estate.

  1. Terus Belajar

Tak ada orang yang akan menjadi ahli investasi real estate dalam semalam. Karena itu, sebelum mulai berinvestasi Anda harus banyak belajar. Anda bisa memulai dengan mempelajari niche market real estate dan menentukan mana yang berpeluang meraup untung besar.

Membangun koneksi dengan para investor lokal adalah salah satu bentuk best real estate investments. Jangan segan untuk memperkenalkan diri serta bergaul dengan mereka. Semakin luas Anda bergaul, semakin beragam pula pengetahuan yang akan Anda dapatkan.

Jika Anda ingin memiliki koneksi dengan para pebisnis properti kost lokal dan ingin memperdalam ilmu bisnis properti kost salah satunya bisa bergabung dengan KSI Community

  1. Rela Berkorban

Untuk membuat investasi real estate sebagai sumber penghasilan utama, maka banyak hal yang harus Anda korbankan. Misalnya lupakan rencana liburan sejenak bersama keluarga agar uangnya dapat digunakan untuk membayar uang muka real estate. Jangan lupa untuk menyisihkan sebagian dana dari penghasilan rutin Anda agar cicilan real estate bisa segera dilunasi. Berkorban diawal atau menunda kesenangan akan memberikan Anda dampak luar biasa di kemudian hari jika Anda berinvestasi secara tepat dan matang.

  1. Jangan Lupakan Catatan Keuangan

Sering kali, seorang investor sering menganggap sepele mengenai catatan pengeluaran dan pemasukan. Padahal dengan memiliki catatan yang terperinci, Anda bisa mengetahui berapa untung atau rugi yang didapatkan. Serta bagaimana cara untuk meningkatkan peluang keuntungan.

Karena itu, biasakan diri Anda secara teratur mencatat arus kas yang masuk dan keluar. Tuliskan pula semua perencanaan serta tujuan investasi yang Anda targetkan dalam waktu dekat. Dengan begitu, Anda bisa memangkas komponen biaya yang tidak diperlukan untuk mencapai keuntungan maksimal.

Selain menerapkan 5 tips dasar ini, teruslah mencoba bila Anda mengalami kegagalan dalam investasi pertama Anda. Dari situlah, Anda bisa mengambil pelajaran dan semakin memperbaiki diri.