Jangan Tertipu Investasi Bodong! Lakukan 5 Kiat ini..

0
71

Jangan Tertipu, Ini Dia 5 Kiat Investasi Properti Online yang Aman

Apa yang tersirat di benak Anda saat mendengar istilah investasi properti? Mungkin Anda akan berpikir tentang aktivitas survei hunian dari satu tempat ke tempat lain di tengah udara terik, menghabiskan waktu libur Anda yang terbatas. Hal tersebut memang benar adanya, tetapi tidak sepenuhnya tepat di masa modern ini.

Zaman sudah berubah, begitu pula investasi. Sekarang, investasi properti juga bisa dilakukan secara online, lho. Ya, hanya bermodalkan gawai dan koneksi internet, Anda sudah bisa memiliki rumah.

Meski mudah, Anda harus tetap berhati-hati. Pasalnya, bila tidak berhati-hati, bisa-bisa Anda tertipu dan merugi. Untuk itu, kenali kiat-kiat investasi properti online yang aman bagi Anda:

  1. Curigai properti dengan harga tak wajar

Siapa yang tidak suka dengan properti dengan harga murah? Apalagi bila lokasinya sangat strategis. Anda bisa mendapatkan keuntungan berlipat ganda dengan menyewakan atau membuat bisnis kost dari properti tersebut.

Namun Anda harus curiga apabila harga sebuah properti di situs jauh berada di bawah harga wajar. Pihak penjual bisa bilang bahwa dia ingin mendapatkan uang cepat. Namun percayalah, tidak akan ada orang yang betul-betul ingin merugi besar saat menjual barang miliknya. Jika Anda ingin membeli properti dengan harga sangat murah maka pastikan dahulu alasan dan kewajaran dari harga yang ditawarkan penjual.

  1. Tidak mentransfer uang di luar perjanjian

Seharusnya, akad dan pembayaran dilakukan setelah adanya perjanjian legal yang disaksikan dan dipastikan oleh notaris. Apabila pihak penjual meminta Anda untuk mentransfer sejumlah uang sebagai uang muka dan lain sebagainya, maka sebaiknya Anda berhati-hati.

Sudah banyak orang yang tertipu dengan modus semacam uang muka ini. Mereka membayar untuk rumah yang tak pernah benar-benar Anda. Anda tentu tak mau bukan mengalami hal buruk semacam ini? Waspada dan jangan pernah melakukan transfer tanpa adanya pihak ketiga yang bisa dipercaya dan surat perjanjian yang jelas dan memiliki landasan hukum yang kuat.

  1. Investasi properti online yang dijamin pemerintah

Tahukah Anda bahwa kini telah hadir investasi properti online dengan konsep semacam saham? Satu properti dapat dimiliki oleh banyak orang sekaligus. Untuk dapat memiliki bagian dari properti tersebut, Anda hanya tinggal membayar beberapa persen dari harga properti total.

Nah, investasi ini dinamakan Kontrak Investasi Kolektif Dana Beragun Aset (KIK-EBA). Bank-bank BUMN dan bank tepercaya lain yang menyelenggarakan sistem KPR menjual piutang mereka kepada masyarakat umum. Anda akan mendapatkan keuntungan dari bunga dan juga selisih harga rumah. Pastikan Anda mengikuti investasi ini melalui bank-bank tepercaya dan juga telah dijamin oleh pemerintah.

  1. Rajin mencari tahu

Untuk bisa melakukan investasi online dengan optimal, Anda harus rajin-rajin berselancar di Internet. Anda tidak boleh terpaku hanya di satu sumber saja. Karena, hal itu akan membuat Anda kesulitan dalam mencari properti-properti yang potensial dan menguntungkan. Anda harus jeli memilih investasi dengan mencari tahu dengan jelas informasi dan kredibilitas sumber informasi tersebut.

  1. Cari di situs-situs tepercaya

Anda ingin memulai investasi online baik dalam bentuk pembelian rumah kolektif, pembelian surat piutang, atau survei secara online? Carilah semuanya di situs-situs yang tepercaya. Jangan hanya terpaku dengan harga yang murah.

Jangan lupa juga bahwa di dalam situs tepercaya, Anda bisa saja menemukan penipu properti. Intinya, selalu kritis dan pastikan Anda tidak terbuai janji-janji manis.

Itulah cara-cara mudah dan aman bagi Anda untuk melakukan investasi properti online. Nah, ingin tahu langkah-langkah cerdas lain dalam melakukan investasi properti online? Yuk ikuti kursus online dari KSI (Kost Strategy Investing) sekarang juga.