Ketahui Keuntungan dan Kerugian Properti Kost Dekat Kampus

0
241

Kampus selalu menjadi magnet bagi mahasiswa. Keberadaan kampus ternyata juga memberikan penghidupan bagi warga yang tinggal di sekitarnya. Maka, memiliki properti kost dekat kampus sudah tentu menguntungkan bagi si empunya bangunan. Penghasilan akan mengalir terus dari properti itu saja, tanpa perlu mengeluarkan usaha ekstra sebagai dampak kedekatan lokasi tadi.

Namun demikian, lokasi properti kost dekat kampus ini juga punya plus minus tersendiri. Yuk simak beberapa poin berikut!

Sisi Positif

  1. Letak strategis

Sudah tentu letak yang strategis menjadi keuntungan besar bagi pemilik properti di dekat kampus. Ragam alih fungsi bisa diterapkan pada properti yang ada, mulai dari kost, kontrakan, toko ATK, hingga warung makan atau kafe. Usaha apapun yang dijalankan berpotensi besar karena selalu dilewati para calon pelanggan. Bisnis kost selalu menjadi pilihan pertama pemilik properti dekat kampus.

  1. Kemudahan akses

Properti dekat kampus menawarkan akses mudah dari dan menuju bangunan tersebut. Jarak yang terjangkau dengan berjalan kaki menjadikan properti ini sebagai pilihan utama mahasiswa. Selain itu, dukungan sarana transportasi yang mumpuni juga menguntungkan bagi pemilik properti, sebab penghuni tidak khawatir sulit bepergian karenanya.

  1. Harga sewa tinggi

Letak yang strategis dan kemudahan akses membuat pemilik layak mematok harga sewa tinggi kepada calon penghuninya. Apalagi jika hal tersebut sebanding dengan fasilitas yang ditawarkan. Calon penghuni juga biasanya tidak keberatan, selama mereka memperoleh fasilitas dan layanan terbaik.

  1. Tingkat hunian tinggi

Ketiga faktor di atas mendorong tingginya tingkat hunian di properti dekat kampus. Apabila ditunjang dengan fasilitas dan layanan yang sesuai dengan kebutuhan mahasiswa, seperti laundry, koneksi internet, housekeeping, dan mini market, maka semakin menjamin tingginya okupansi kamar di properti dekat kampus.

Sisi Negatif

  1. Persaingan ketat

Tentu tidak hanya satu atau dua bangunan saja yang berada dekat kampus. Semakin banyak properti, semakin menawarkan banyak alternatif kepada calon penghuni. Ini mendorong munculnya persaingan ketat di antara pemilik kost. Maka, perang fasilitas pun tak terhindari. Ketika keuntungan lokasi dan akses sama-sama dimiliki, pemilik properti harus menawarkan fasilitas unik dan berbeda untuk menarik minat calon penghuni.

  1. Padat dan ramai

Konsekuensi memiliki properti dekat kampus adalah lalu lintas yang cenderung padat dan ramai. Belum lagi bangunan yang saling berhimpitan satu sama lain, pemandangan khas yang lazim ditemui di sekitar kampus. Hilir mudik kendaraan dan manusia tanpa henti silih berganti. Kemacetan mungkin menjadi santapan harian para penghuni kost.

  1. Bising

Keramaian hampir pasti menimbulkan kebisingan. Bagi calon penghuni yang menginginkan ketenangan, kost dekat kampus bukan berada dalam pilihan teratas mereka. Maka, pemilik properti perlu merancang bangunan sedemikian rupa agar terasa tenang dan nyaman meski dekat dengan kampus. Misalnya, dengan menempatkan posisi kamar agak ke dalam atau menanam beberapa tanaman yang berperan sebagai peredam suara.

Meski properti kost dekat kampus punya plus minus, Anda tak perlu ragu mengalihfungsikan bangunan milik Anda. Bergabunglah dengan Komunitas KSI untuk mendapatkan ilmu seputar bisnis kost. Lewat workshop-nya, Anda akan diajak menyelami seluk beluk salah satu investasi properti yang menguntungkan ini. Jadi, berdayakan properti Anda sekarang juga!