Permudah Kelola Bisnis Kost Anda dengan Software Kost

0
272

Tips Memilih Aplikasi Software untuk Bisnis Kost dan Hotel

Memilih software  hotel atau kost untuk manajemen yang tepat bisa menjadi hal sulit bagi Anda para pelaku bisnis. Dengan pilihan yang banyak tersedia di pasaran, Anda akan merasa mulai tidak yakin dengan pilihan perangkat lunak yang tepat untuk Anda.

Setiap hotel atau usaha rumah kost memerlukan fasilitas yang berbeda dan melayani beragam kelompok sasaran. Pengusaha terkemuka di industri perhotelan telah beralih menggunakan sistem manajemen properti hotel (software hotel) untuk mengotomatisasi fungsi sehari-hari mereka. Sementara pengelola hotel dan kost skala kecil berada dalam kondisi kebingungan menentukan pilihan.

Sebagai pengusaha, Anda harus memastikan agar semua kegiatan manajemen berjalan lancar dan efisien. Jika Anda masih menggunakan proses pemasukan data secara manual, tidak ada salahnya mulai berpikir mengalihkan semua pada software hotel. Tips-tips berikut ini akan membantu Anda menentukan pilihan perangkat lunak yang tepat.

  1. Harus Mengotomatisasi Semua Kegiatan Operasi Hotel/ Kost

Sistem yang Anda gunakan harus membuat segala kegiatan operasi untuk sistem housekeeping, front office, laporan dan Point of Sale (PoS) terotomatisasi. Semua fungsi harus bisa digabungkan dengan software hotel yang sama agar semua data dapat tersinkronisasi.

  1. Mudah dalam Akses

Dasbor tunggal yang memungkinkan Anda dan seluruh anggota tim bekerjasama dan mengelola semua data bersama adalah prioritas utama. Sistem juga harus bisa diakses kapan saja, di mana saja, secara real time.

  1. Bisa Diakses oleh Pengguna yang Tak Terbatas

Jumlah staf hotel atau rumah kost Anda bisa saja bertambah dan berkurang. Pililhlah software yang bersifat fleksibel sehingga jumlah penggunanya bisa dimodifikasi sesuai kebutuhan.

  1. Terhubung Channel Manager

Software hotel yang baik memungkinkan pelaku bisnis perhotelan mengelola persediaan secara real time. Dengan demikian masalah seperti pemesanan ganda dapat dihindari.

  1. Menganalisa dan Menyimpan Analisa Rincian Tamu

Software hotel berbasis awan (cloud) dapat mengumpulkan dan menyimpan informasi tamu dalam jumlah banyak. Preferensi ini membantu Anda memprediksi dan menganalisis prilaku pelanggan demi memaksimalkan pelayanan.

  1. Menawarkan Keamanan Data dan Payment Gateway

Pilihlah perangkat lunak hotel yang mencakup pemrosesan pembayaran kartu yang aman. Penggunaan payment gateway terpadu adalah sesuatu yang wajib dimiliki.

  1. Pilih Distributor dengan Pelayanan yang Berkualitas

Memilih software bukan hanya tentang memilih produk yang berkualitas. Layanan setelah penjualan yang baik adalah hal yang harus Anda pertimbangkan. Pilih distributor yang siap sedia melayani selama 7×24 jam jika suatu saat terjadi kerusakan mendadak pada sistem Anda.

  1. Integrasi dengan Aplikasi Pihak Ketiga

Sekarang banyak sekali aplikasi pihak ketiga yang menawarkan penjualan voucher kamar hotel atau menawarkan kamar kost kosong. Software hotel atau software kost Anda haruslah mampu berintegrasi dengan pihak ketiga itu. Kemampuan ini akan membantu Anda meningkatkan penjualan.

  1. Laporan yang Mendetail

Karena semua kegiatan dikelola dalam satu sistem, perangkat lunak harus mampu menyediakan data yang detail untuk kegiatan setiap departemen (misalnya untuk divisi housekeeping, PoS dan akunting dsb.). Laporan juga harus memberikan gambaran mendalam tentang pendapatan.

  1. Dilengkapi Berbagai Fitur

Layanan lain yang biasanya disertakan dalam software hotel adalah PoS, pilihan berbagai bahasa serta konversi mata uang untuk memudahkan transaksi dengan mata uang non rupiah. Akan lebih baik lagi jika aplikasi tersebut tersedua dalam aplikasi mobile agar bisa digunakan di manapun Anda dan staf Anda berada.

Saat ini banyak sekali pilihan software yang bisa mempermudah bisnis Anda. Penggunaan software kost dan software hotel ini telah diakui oleh banyak pengusaha hotel dan rumah kost yang tergabung di KSI Community. Jadi, beralihlah ke pengelolaan bisnis properti yang lebih modern dan terdigitalisasi.