Seluk Beluk Membeli Rumah Tanpa Hutang

0
114

Membongkar Seluk-beluk Membeli Rumah Tanpa Utang

Sebuah pernyataan tentang membeli rumah tanpa utang terdengar begitu meragukan. Barangkali serangkaian metode atau langkah-langkah rumit tengah menghantui pikiran Anda. Akan tetapi, meski terdengar kompleks, bukan berarti hal tersebut mustahil. Terkadang, yang perlu Anda pahami adalah cara mengakalinya, dan sedikit menahan diri untuk lebih bersabar.

Sebelum membahas lebih lanjut, Anda perlu memiliki alasan yang matang untuk memiliki rumah. Jika membeli rumah diiringi tindakan impulsif, Anda bisa berakhir dengan pemaksaan diri berutang ke bank. Pada akhirnya, bukannya merasa nyaman dengan hunian tersebut, Anda malah lebih sering gelisah karena diburu tunggakan.

Lalu, apakah sebenarnya yang perlu dilakukan untuk membeli rumah tanpa utang? Beberapa poin di bawah akan membantu Anda membongkar seluk-beluknya.

Menabung Secara Konsisten

Cara ini merupakan langkah paling aman dan efektif yang bisa Anda lakukan. Tentunya, Anda perlu melakukannya secara berkesinambungan. Anda bisa memulainya dengan penyisihan pendapatan bulanan secara konsisten.

Idealnya, sisihkan uang Anda dengan persentase 20-25 persen saja. Pastikan angka tersebut tidak tercampur dengan uang yang Anda gunakan untuk biaya sehari-hari atau kebutuhan yang sudah ditetapkan sebelumnya. Sediakan rekening khusus di bank, dan tetap patuhi aturan menabung bulanan tersebut. Menabung sebaiknya dilakukan diawal bulan saat Anda mendapatkan gaji Anda. Ini adalah tips agar Anda dapat menyisihkan uang untuk menabung secara konsisten. Jangan tunggu akhir bulan setelah Anda  menggunakan uang Anda untuk keperluan lainnya, barulah sisanya ditabungkan. Hal ini akan membuat Anda tidak konsisten dalam menabung.

Berinvestasi Emas

Jika Anda berhasil melakukan poin sebelumnya dengan konsisten dan tanpa celah, lambat laun tabungan Anda akan semakin membengkak. Dari hasil tersebut, Anda bisa mengalihkan dananya untuk berinvestasi emas. Langkah ini sudah menjadi rahasia umum untuk menambah pundi-pundi uang.

Sederhananya, kemanjuran langkah ini disebabkan oleh tidak terpengaruhnya harga emas oleh inflasi. Malah, semakin waktu harga emas cenderung semakin naik. Pada umumnya, nilai emas tumbuh sekitar 15 hingga 20 persen setiap tahunnya. Persentase tersebut lebih tinggi daripada kenaikan nilai properti yang hanya sekitar 10-15 persen. Kesimpulannya, emas yang Anda investasikan akan melejit lebih cepat daripada harga rumah yang Anda inginkan.

Bergelut dalam Dunia Properti

Solusi berikutnya yang bisa dicoba ialah dengan menjadi agen properti. Cara ini tergolong mujarab, karena setiap kali Anda berhasil menjual rumah, komisi sejumlah 1 hingga 3 persen dari harga jual akan masuk ke saku Anda. Dengan kegigihan dalam melakukan pekerjaan, bukan tidak mungkin Anda bisa membeli rumah hanya dari mengumpulkan komisi tersebut.

Lebih jauhnya lagi, dengan menjadi agen properti, wawasan Anda akan dunia tersebut akan semakin luas. Di samping itu, pekerjaan satu ini tidak akan menyita banyak waktu dan energi Anda. Waktu kerja yang fleksibel membuat Anda tetap bisa melakukan pekerjaan utama dan waktu-waktu rehat.

Dari poin-poin di atas dapat disimpulkan; membeli rumah tanpa utang merupakan perkara kesabaran. Ubah orientasi Anda dengan menyusun skala prioritas. Lakukan hal-hal di atas sembari menunggu dana Anda terkumpul dan cukup untuk membeli rumah.