Tips Desain Kamar Kost Tanpa Ranjang

0
41
Tips desain kamar kost tanpa ranjang

Berbisnis kost memang sangat menyenangkan, karena bisa mendapatkan pendapatan pasif setiap bulannya. Tentu saja bisnis kost yang sukses tidak akan bisa diperoleh jika Anda tidak melakukan “optimasi” terhadap kamar kost tersebut. Nah, bagi Anda yang ingin berbisnis kos-kosan, pastikan untuk menerapkan tips desain kamar kost terbaik.

Memang tidak mudah mendesain kamar kost yang akan sesuai dengan selera target pasar Anda. Ada penyewa kamar yang ingin desain mewah namun harganya murah, ada pula yang suka kesederhanaan. Untuk itulah Anda harus bisa menetapkan desain kamar kost Anda sendiri dengan tetap mempertimbangkan berbagai kebutuhan dari para penyewa.

Inilah Berbagai Tips Desain Kamar Kost Tanpa Ranjang

Bagi para penyewa, kasur atau tempat tidur adalah kebutuhan wajib yang sebaiknya disediakan di dalam kamar. Dan kasur tidak perlu disediakan dipan atau ranjang jika memang tidak ada budget untuk menyediakannya. Nah, jika Anda ingin mendesain kamar kost tanpa ranjang, berikut ini berbagai tips yang bisa Anda terapkan :

1. Gunakan lantai yang anti rayap dan semut

Tips pertama bagi para pemilik kost yang ingin menyingkirkan ranjang dari kamar kost mereka yaitu menggunakan lantai yang anti rayap dan semut. Sebaiknya gunakan lantai marmer atau lantai parket untuk bagian lantai, sehingga kasur tidak menempel langsung pada lantai dan tidak mudah dimakan rayap atau semut.

2. Pastikan untuk menyekat ruang tidur dengan ruang lain

Sebuah kamar kost dengan kasur tanpa ranjang pastinya terasa kurang privat. Bagi para pemilik kost yang ingin menyediakan privasi lebih bagi para penyewa, sediakan penyekat antara kasur dengan spasi lain dalam kamar tersebut. Contohnya rak kayu atau rak buku. Sehingga nantinya kamar kost bisa terlihat lebih rapi dan elegan.

3. Tempatkan karpet di bawah kasur

Berikutnya, pastikan untuk menempatkan karpet di bawah kasur. Sebuah kasur yang menempel langsung pada lantai pada umumnya cepat kotor pada bagian bawahnya. Sehingga penempatan karpet Kdi bawah kasur bisa memudahkan proses pembersihan lantai.

4. Buat desain interior kamar lebih menarik

Pada zaman sekarang, kaum millenial memperhatikan estetika dari dalam kamar kost yang mereka sewa. Pastikan untuk membuat desain interior dalam kamar kost yang disewakan agar jadi lebih menarik. Contohnya yaitu dengan membuat cat kamar kost dengan warna sprei tempat tidur memiliki tone yang sama.

5. Sediakan bantal yang nyaman

Tips desain kamar kost

Penyewa yang menyewa kamar kost tanpa ranjang pada umumnya menginginkan kenyamanan ekstra. Jadi, pastikan untuk menyediakan bantal yang nyaman untuk berkegiatan sehari-hari. Pastikan bantal tersebut tidak membuat penyewa mengalami sakit kepala. Karena jika mereka merasa tidak nyaman, mereka akan mudah berpindah ke kost lainnya.

6. Hias kamar dengan berbagai funitur

Poin penting dari sebuah kamar kost tanpa dipan yaitu estetika. Utamakan estetika dari kamar kos yang Anda sewakan tanpa adanya ranjang. Seperti meletakkan furnitur pada bagian samping kasur, atau menata buku di sebelah tempat tidur. Dengan begitu, para penyewa bisa betah berada di kost Anda dan menyewa kamar dengan waktu yang lama.

7. Berikan kasur yang berkualitas

Aspek terpenting yang harus diperhatikan ketika Anda menyewakan kamar tanpa ranjang yaitu kasur atau tempat tidur. Sebuah kasur yang tidak berkualitas akan mudah mengalami kerusakan jika diletakkan langsung pada lantai dengan waktu yang lama. Inilah mengapa Anda harus meletakkan kasur dengan kualitas tinggi agar nantinya jika dipakai tanpa ranjang tidak akan mudah mengalami kerusakan.

8. Sebaiknya pisahkan kamar kos dengan kamar mandi

Ada banyak pemilik kamar kost yang mendesain kamar tersebut tanpa ranjang namun memberikan fasilitas kamar mandi dalam. Padahal seharusnya kamar mandi tersebut diletakkan di luar. Sehingga tidak ada fasilitas kamar mandi dalam untuk kamar tanpa ranjang. Karena jika tidak demikian, kasur yang diletakkan langsung pada lantai bisa mudah mengalami lembab dan berjamur.

9. Berikan standing lamp

Kamar kost tanpa ranjang memang bisa memangkas biaya pembuatan hunian kos bagi pemiliknya. Namun jenis kamar seperti ini bisa menyebabkan penyewa memiliki jarak yang lebih jauh dengan lampu yang ada di atap. Akibatnya, tidak sedikit penyewa yang merasa lampu di kamarnya terlalu gelap dan tak dapat digunakan beraktivitas, terutama membaca dan menulis. Solusinya, tempatkan standing lamp dengan harga tidak seberapa pada kamar kos yang tidak diberikan ranjang untuk tempat tidur.

10. Tempatkan rak melayang pada dinding

Berikutnya, tips desain kamar kost tanpa ranjang yang bisa Anda manfaatkan yaitu menempatkan rak melayang pada dinding. Rak yang melayang pada dinding bisa digunakan sebagai tempat penyimpanan barang. Karena bagian bawah kasur tidak diberi ranjang dan tidak memiliki kolong yang bisa dijadikan sebagai tempat penyimpanan. Dengan adanya rak-rak tersebut, nantinya kamar akan terlihat lebih ringkas.

11. Berikan fasilitas keset gratis untuk kos

Kamar kost tanpa ranjang biasanya mudah mengalami kotor jika penghuninya tidak menjaga kebersihan telapak kaki. Salah satu cara menjaga kebersihan dari telapak kaki yaitu menapak pada keset terlebih dahulu sebelum masuk ke kamar dan naik ke kasur. Dan sebagian besar penyewa kost memang lupa membawa keset sendiri. Sehingga akan lebih baik jika Anda menambahkan atribut keset untuk tiap kamar kost tanpa ranjang yang Anda sewakan.

Tips Desain Kamar Kost Tanpa Ranjang

Itulah berbagai Tips desain kamar kost yang perlu Anda lakukan agar kamar kost yang disewakan tanpa adanya ranjang bisa membuat betah para penyewa. Kenyamanan harus diutamakan demi kelancaran bisnis kost Anda dari waktu ke waktu. Semoga bermanfaat!

Manfaat dari Adanya Kost Tanpa Ranjang

Pilihan untuk membangun kamar kost dengan atau tanpa ranjang biasanya terserah pemilik kos tersebut. Pada umumnya, pemilik kos yang membangun kost tanpa ranjang memiliki keterbatasan dana untuk pengadaan properti kost. Namun ternyata ada sisi lain dari kamar kost tanpa ranjang.

yaitu sebagai berikut :

1. Lebih nyaman di tubuh

Keberadaan ranjang memang membuat kegiatan tidur di kasur menjadi nyaman. Namun bukan berarti semua orang cocok dengan tipe kamar dengan adanya ranjang. Ada banyak juga orang yang lebih suka tidur di dalam kamar dengan tanpa ranjang, sehingga lebih dekat dengan lantai.

2. Tidak perlu membersihkan kolong tempat tidur

Berikutnya, keuntungan lain dari kamar kost tanpa ranjang yaitu tidak perlu membersihkan kolong tempat tidur. Penyewa hanya perlu membersihkan lantai kamar setiap harinya. Sehingga bagian bawah kasur tidak perlu disapu atau dipel setiap hari.

3. Harga sewa kos bisa lebih murah

Kamar kos tanpa ranjang biasanya dikenakan biaya sewa bulanan yang lebih murah. Sehingga nantinya penyewa kamar kost tidak perlu cemas akan biaya tagihan sewa kamar kost yang terlalu tinggi.

Itulah beberapa keuntungan dan tips desain kamar kost tanpa ranjang yang perlu Anda tahu. Selamat mempraktekkan!