fbpx
HomeJasa InteriorTips Design Kamar Kost Menarik dan Rapi

Tips Design Kamar Kost Menarik dan Rapi

Kamar kost adalah jenis ruangan yang memiliki space cukup terbatas. Jenis kamar ini dipergunakan oleh para penyewa yang sebagian besar berasal dari kalangan karyawan, pelajar, maupun mahasiswa. Nah, bagi para penyewa kamar kost, perlu tahu berbagai tips design kamar kost menarik dan rapi agar nantinya tidak membuat hati menjadi sumpek.

Kamar kost bisa menjadi nyaman hanya jika kita tahu tips desain kamar kost menarik dan rapi di Indonesia. Karena sebuah kamar kost yang menarik dan rapi bisa membuat psikologi pemilik kamar kost menjadi lebih baik, sehingga sangat disarankan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

Tips Design Kamar Kost Kreatif Yang Menarik dan Rapi

Tips design kamar kost minimalis

Para penyewa kamar kost pasti menganggap kamar mereka sebagai tempat beristirahat ketika telah penat beraktivitas. Sebuah kamar kost yang sempit dan kotor membuat karakter pemilik kost cenderung berubah menjadi buruk. Berbeda dengan kamar kost yang ditata dengan rapi dan menarik, yang bisa membuat pemiliknya terus merasa bahagia serta ceria.

Nah, berikut ini berbagai tips design kamar kost kreatif yang bisa kami berikan untuk Anda:

1. Tempatkan kasur di dekat jendela

Tips pertama, yaitu menempatkan kasur atau tempat tidur di lokasi yang mudah terkena cahaya matahari, contohnya jendela. Sebuah kasur yang ditempatkan di dekat jendela akan mudah membuat pemilik kamar lebih cepat bangun ketika hari sudah siang. Selain itu, penempatan kasur yang dekat dengan sinar matahari membuat mood pemilik kamar menjadi lebih baik.

Akan lebih baik lagi jika kasur dan tempat tidur diletakkan dekat dengan dinding tempat jendela berada. Sehingga spasi yang ada di ruangan tersebut lebih lebar, dan kamar bisa digunakan untuk menyimpan berbagai barang lain dengan lebih rapi. Jangan lupa untuk menempatkan berbagai perabotan di sudut ruangan, sehingga kamar terlihat lebih luas.

2. Gunakan rak dinding melayang

Pemilik kamar kos selalu memiliki berbagai perabotan untuk menjalani kehidupan sehari-hari di tempatnya. Tentu saja barang-barang tersebut akan terlihat lebih lusuh jika ditaruh begitu saja di lantai kamar. Nah, solusi akan hal tersebut yaitu dengan menggunakan rak dinding melayang.

Penggunaan rak dinding melayang ini sangat penting bagi penyewa kamar. Anda bisa menempatkan berbagai jenis barang di rak dinding tersebut tanpa merasa risih karena barang berserakan di lantai. Selain itu, penempatan barang pada rak dinding melayang bisa membuat kamar terlihat lebih lebar.

3. Simpan barang di bawah ranjang

Tips design kamar kost sederhana dan murah berikutnya yaitu menempatkan barang di bawah ranjang. Ketika di kamar kost Anda diberikan ranjang atau dipan tempat tidur oleh pemilik kos, manfaatkan hal tersebut untuk menyimpan berbagai barang.

Umumnya, barang yang hendaknya diletakkan di bawah dipan atau ranjang adalah yang berukuran agak besar. Sehingga dengan peletakan di bawah dipan tersebut, nantinya kamar terlihat lebih lebar dan luas. Akan tetapi selalu bersihkan bagian bawah ranjang agar tidak terkesan lusuh dan barang tidak mudah rusak akibat debu.

4. Tempatkan rak memanjang di satu sudut kamar

Ada kalanya seseorang tidak menyukai tampilan kamar kost yang berantakan dan terlihat sempit. Hal ini bisa disebabkan oleh banyak faktor. Seperti ukuran tempat tidur terlalu besar, kurangnya rak penyimpanan, hingga kondisi kamar tidur yang tidak memiliki kolong ranjang yang bisa digunakan sebagai tempat menyimpan barang.

Solusi dari hal ini yaitu tempatkan rak memanjang yang menjulang tinggi ke atas di satu sudut kamar. Sehingga rak tersebut bisa digunakan untuk menyimpan barang tanpa harus terlalu memusingkan masalah spasi kamar. Ada berbagai tipe rak seperti ini di pasaran, carilah yang ukurannya tidak terlalu besar namun bisa digunakan menyimpan banyak barang.

5. Gunakan cat dinding yang tak terlalu mencolok

Kaum milenial merupakan kalangan remaja hingga dewasa yang sudah paham betapa berharganya konsep minimalis pada sebuah bangunan. Justru pilihan warna yang mencolok akan kurang menarik bagi para penyewa kos dari kalangan kaum millenial.

Solusinya, yaitu dengan menggunakan cat dinding yang tak terlalu mencolok warnanya. Jika memungkinkan, gunakan cat dinding dengan warna kalem seperti putih, abu-abu, cokelat muda, hingga hitam doff. Sehingga nantinya kamar kost akan terlihat lebih sederhana namun elegan.

6. Tempatkan tirai horizontal blind yang modern

Tirai merupakan aspek yang tidak boleh dilupakan ketika akan membangun sebuah kost. Tirai memiliki fungsi untuk memblokade sinar matahari agar tidak masuk ke dalam bangunan, menghalangi air hujan agar tidak masuk ke dalam kamar, hingga menjaga privasi yang harus didapatkan oleh penyewa kamar.

Pastikan untuk menempatkan tirai horizontal blind yang modern pada kamar kost Anda agar penyewa betah berada di sana. Tirai horizontal blind memiliki cara pengoperasian yang tidak begitu sulit. Dan jenis tirai ini mampu memblokir pandangan dari luar kamar kost, sehingga privasi dari penyewa kost bisa lebih terjaga.

7. Berikan fasilitas kursi dan meja belajar

Penyewa kamar kost belakangan ini berasal dari kalangan pelajar, mahasiswa, hingga karyawan. Dan masing-masing dari kalangan penyewa kamar kost tersebut membutuhkan sarana meja dan kursi untuk belajar. Selain itu, meja dan kursi juga bisa memudahkan kegiatan berdandan penyewa kamar tersebut.

Sebuah kamar tanpa meja dan kursi yang biasa dipergunakan untuk belajar biasanya tidak membuat betah para penyewa. Padahal meja dan kursi memiliki fungsi tersendiri yang tidak boleh dikesampingkan. Meja yang Anda berikan pada kamar kost yang disewa pun juga bisa bertindak sebagai tempat menata barang di atasnya.

8. Pemanfaatan loteng untuk kamar kost

Bentuk kamar kost yang biasa dan anti mainstream memang terlihat kurang menantang bagi sebagian orang. Jika Anda ingin membuat kamar yang anti mainstream, manfaatkan bagian loteng sebagai sebuah kamar hunian yang menarik. Tentu saja loteng yang disulap sebagai kamar kost harus terlebih dahulu dibersihkan.

Karena jika kamar loteng tidak dibersihkan dengan baik, nantinya penyewa kamar bisa sakit-sakitan akibat debu yang ada pada bagian tersebut. Dan jangan lupa untuk menempatkan beberapa tumbuhan hias yang bisa membantu menjernihkan udara yang ada pada kamar loteng tersebut. Selain itu, buatlah jendela dari kaca pada bagian loteng yang bisa digunakan untuk mengakses udara bebas di kamar tersebut, agar penyewa semakin betah.

Tips Design Kamar Kost Menarik dan Rapi

Itulah berbagai tips design kamar kost menarik dan rapi yang bisa kami berikan untuk Anda. Pastikan untuk menata kamar kost dengan berbagai poin yang telah kami beritahukan agar kamar membuat Anda betah menjalani kehidupan sehari-hari. Semoga artikel yang kami buat kali ini bisa bermanfaat untuk Anda!

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

    Open chat
    Halo Sobatku Ada yang bisa kami bantu?
    Halo Sobatku, Ada yang bisa kami bantu?