Ketahui Plus Minus Membeli Properti Kost Siap Pakai

0
223

Untung Rugi Membeli Properti Kost Siap Pakai

Tidak memiliki lahan atau rumah untuk dijadikan kost-kostan bukanlah alasan untuk tidak memulai bisnis kost. Anda bisa membeli properti kost siap pakai yang ditawarkan pengembang atau yang dijual oleh pemilik terdahulu. Namun, sebelum memutuskan, ada baiknya Anda pertimbangkan lebih dulu untung rugi membeli properti kost siap pakai.

Keuntungan

  1. Bangunan sudah siap pakai

Dengan membeli properti ini, Anda tinggal melakukan penyesuaian di beberapa sisi dan tidak perlu merombak banyak. Artinya, kesiapan bangunan lebih terukur, sehingga Anda tak perlu menunggu lama untuk memulai usaha kost karena tidak membangun propertinya dari nol.

  1. Leluasa memilih lokasi bangunan

Pilih lokasi incaran yang paling cocok dengan kebutuhan dan keinginan Anda. Mau properti yang dekat kampus atau kantor? Bagaimana kemudahan akses menuju ke sana? Apa saja fasilitas yang ditawarkan pengembang atau tersedia di sekitar properti? Apabila tidak sesuai di satu lokasi, Anda tinggal pindah ke lokasi lain yang lebih berpotensi.

  1. Bisa menyesuaikan dengan anggaran

Berapa anggaran Anda? Properti yang Anda inginkan bisa mengikutinya. Mau yang sedikit di atas anggaran tetapi siap pakai, atau di bawah anggaran tetapi perlu renovasi. Jangan lupa, Anda masih harus membenahi bangunan tersebut, sehingga harus cermat memilihnya agar tidak jauh meleset dari anggaran yang disiapkan.

  1. Legalitas properti

Bangunan siap pakai yang disediakan pengembang terpercaya tentu memberikan jaminan legalitas properti. Anda pun tak usah repot-repot mengurus sertifikat bangunan dan IMB-nya. Namun, faktor ini jangan sampai terlewatkan dan harus dicermati sungguh-sungguh. Siapa pun enggan berinvestasi dengan properti yang bermasalah bukan?

Kerugian

  1. Perlu waktu untuk berburu properti

Tidak membangun dari awal bukan berarti Anda menghemat waktu. Mencari bangunan kost siap pakai juga mengharuskan Anda untuk menyempatkan diri berburu ke sana ke sini. Lamanya waktu mencari bangunan yang tepat juga relatif. Baik membangun sendiri maupun mencari yang sudah siap pakai, jelas sama-sama butuh proses.

  1. Biaya ekstra untuk broker

Ketika Anda tak yakin pada kemampuan Anda mencari properti sendiri, maka broker adalah perantara yang tepat untuk mencapai tujuan tersebut. Namun, layaknya usaha jasa di mana pun, Anda harus membayarkan jasa broker ketika kesepakatan properti terjadi. Tidak sepenuhnya kerugian sih, hanya pastikan Anda sudah memperhitungkan biaya ini juga dalam anggaran Anda.

  1. Ada bagian properti yang tidak sesuai harapan

Mencari properti sesuai harapan tak selamanya membuahkan hasil sempurna. Bisa jadi ada beberapa daftar keinginan yang tidak terpenuhi oleh bangunan tersebut. Namun, Anda bisa mengakalinya dengan melakukan renovasi atau berkompromi demi mendapatkan properti impian sesuai anggaran.

Masih bimbang untuk memutuskan? Bergabung dengan Komunitas KSI dapat membantu Anda mengambil keputusan properti kost siap pakai mana yang tepat dengan kebutuhan Anda. Di komunitas ini, Anda akan belajar memulai dan mengelola bisnis kost dari A–Z lewat workshop bisnis kost. Sejak Anda menyadari bahwa kost adalah investasi properti yang menguntungkan, maka saat itulah waktu yang tepat untuk memulai bisnis kost Anda. Mari awali bisnis Anda bersama Komunitas KSI sekarang juga!