Manfaat Aplikasi Pembukuan Hotel yang belum diketahui

0
43

Manfaatkan Aplikasi Pembukuan Hotel/Kost untuk Solusi Keuangan Bisnis Properti

Setidaknya ada dua masalah utama yang kerap dialami oleh pebisnis hotel atau kos yang ada di kota besar Indonesia. Pertama, mereka bingung dengan pemasaran hotel agar bisa dikenal oleh banyak orang sehingga pemasukan bisa berjalan lancar dan mampu menggaji pegawai yang dimiliki.

Masalah kedua adalah pengelolaan keuangan dari perusahaan. Kalau pengelolaan masih dilakukan secara manual, peluang terjadi kesalahan bisa meningkat. Selain itu, kalau setiap transaksi yang masih tidak dibukukan dengan benar, pengusaha tidak akan tahu apakah usahanya ini untungĀ  atau malah rugi.

Untuk mengatasi permasalahan hotel atau kos khususnya yang berhubungan dengan uang, aplikasi pembukuan hotel wajib dimiliki. Dengan aplikasi ini, pengusaha bisa melakukan beberapa hal di bawah ini dengan mudah.

Menghemat Waktu Pembuatan Laporan

Pembukuan yang dilakukan secara manual biasanya membutuhkan waktu yang panjang untuk pembuatan laporannya. Hal ini bisa terjadi karena admin harus mencocokkan apa yang telah ditulis dengan nota atau bukti transaksi lainnya. Kalau sampai ada nota yang hilang, laporan tidak bisa segera didapatkan.

Untuk mengatasi permasalahan ini, Anda bisa menggunakan aplikasi pembukuan hotel atau kos. Dengan aplikasi ini, Anda bisa melakukan input berbagai data mulai dari scan dokumen hingga berkas penting lainnya.

Saat ingin membuat laporan, coba akses menu laporan yang diinginkan apakah dalam bentuk bulanan, minggu, atau mungkin tahunan. Dengan sekali klik, laporan bisa dicetak dengan cepat dan mudah.

Menghindari Kesalahan Penghitungan

Karena sistem yang dimiliki oleh aplikasi pembukuan hotel otomatis, segala bentuk penghitungan yang diinginkan akan berjalan secara langsung. Anda tidak perlu menghitung sendiri berapa pendapatan per hari, untung, dan pengeluaran yang dilakukan setiap harinya.

Adanya kemampuan ini, Anda hanya perlu menginputkan data dari setiap transaksi dengan benar. Kalau tahap ini dilakukan dengan ketelitian yang tinggi, masalah keuangan tidak akan terjadi. Data-data dapat Anda baca dengan benar karena data yang dimasukkan benar dan begitu pula perhitungannya. Namun jika Anda menggunakan sistem manual, maka Anda harus sangat-sangat hari baik dalam melakukan input data hingga melakukan perhitungan. Hal ini juga akan memakan waktu yang sangat lama untuk menjadikan data itu menjadi bentuk lain yang lebih mudah dibaca.

Mengetahui Aset yang Dimiliki

Menggunakan aplikasi pembukuan hotel akan memudahkan Anda mengetahui aset yang dimiliki. Aset yang dimiliki bisa berupa barang yang ada di hotel seperti inventaris, bangunan, tanah, hingga utang dari orang lain atau mitra.

Dengan mencatat setiap detail yang ada, Anda akan tahu seberapa banyak aset yang dimiliki saat itu. Selanjutnya dalam hitungan bulan atau tahun, Anda bisa langsung memantau perkembangan dari aset apakah naik atau malah turun. Anda tidak perlu repot-repot melihat banyaknya tumpukan data dalam buku Anda. Anda hanya perlu membaca ringkasan data yang Anda inginkan.

Memudahkan Pengambilan Keputusan Strategis

Dari laporan yang berasal dari aplikasi pembukaan ini, Anda bisa mengambil keputusan strategis dengan lebih cepat dan tetap sasaran. Misal saat sewa sedang sepi atau keuntungan turun, Anda bisa membuat promosi menarik agar banyak tamu yang tertarik dan menginap.

Selanjutnya kalau beban pekerjaan sudah banyak dan membuat banyak orang jadi kerepotan, Anda bisa menggunakan laporan itu untuk memutuskan apakah pengangkatan pegawai baru perlu dilakukan atau tidak.